Selasa, 25 Mei 2010

Tugas Komputer

PENGERTIAN BLOG

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.

Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.


SEJARAH BLOG


Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.

Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.

Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:

Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.

Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.

Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.

Blogging menjadi salah satu jenis jenis aktivitas online paling populer. Sampai batas tertentu, Kecakapan dan macam macam serta variasi posting blog yang dilakukan secara online, memberikan kontribusi pada popularitas blog. Kegiatan Blogging jaman sekarang ini bahkan sama sekali tidak terbayangkan ketika sebelum kegiatan blogging dimulai. Hal ini telah menyebabkan populasi online memutuskan untuk menekuni kegiatan blogging sebagai jenis kegiatan favorit.


Macam-macam Blog


  1. Blog pribadi, blog ini adalah blog yang paling populer yang digunakan agar seseorang bisa tampil dan menjalin berhubungan di internet.
  2. Blog budaya, berdiskusi tentang musik, seni, teater, dan berbagai budaya populer lainnya.
  3. Blog topikal, fokus pada topik-topik tertentu. Bisa yang sedang hangat atau biang tertentu.
  4. Blog bisnis, biasanya membicarakan tentang pasar saham dan berbagi topik bisnis lainnya.
  5. Blog ilmu pengetahuan, biasanya digunakan untuk medistribusikan data dan informasi.
  6. Mobile Blog, blog yang biasa digunakan untuk membicarakan tentang perangkat bergerak (mobile).
  7. Blog kolaboratif, blog jenis ini adalah untuk melakukan kerja bareng dengan orang lain. Setiap ide, perkembangan, masalah dan berbagai hal yang berhubungan dengan kerja bareng di tulis di blog kolaboratif
  8. Blog penjualan, Anda bisa menjual berbagai produk melalui blog. Silahkan tawarkan produk Anda pada blog Anda sendiri asal jangan blog orang lain.
  9. Forum Blog, bisa digunakan menjadi forum di internet. Ini bisa menggantikan peran forum yang selama ini kita gunakan. Meskipun demikian, forum yang biasa memiliki fitur yang lebih baik dari pada blog
  10. Direktori Blog, ini adalah blog yang digunakan sebagai direktori blog-blog yang ada.

Jenis-jenis blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Syarat Membuat Blog

Syarat membuat blog tidak terlalu rumit atau susah kok, untuk membuat blog syaratnya harus ada niat dan kemauan dong! Dan syarat yang kedua harus punya account google atau email google. Jika anda sudah punya account atau email google silakan anda klik disini, tetapi

jika anda masih belum punya account atau email di google ya anda harus bikin dulu dong. Nah, untuk membuat email di google silakan klik disini.
Selamat mencoba, semoga berhasil.

Manfaat bagi siswa

Dengan adanya blog dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan guru/dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan.

Beberapa situs-situs blog gratis

Berbagai macam alamat situs yang menyediakan Blog gratisan. Anda dapat bikin blog dengan mudah, murah dan meriah.

  1. http://www.aeonity.com/
  2. http://id.blog.com/
  3. http://www.bloxster.net/portal.php
  4. http://www.blogger.com/start
  5. http://blogdrive.com/
  6. http://www.blogsome.com/
  7. http://blogthing.com/
  8. http://www.blogomonster.com/blogo.php
  9. http://free-blog-site.com/
  10. http://www.ebloggy.com/
  11. http://enewsblog.com/
  12. http://friendsterblogs.friendster.com/
  13. http://friendcircles.com/
  14. http://gobloglah.com/
  15. http://www.journalhome.com/
  16. http://journalspace.com/
  17. http://joeuser.com/
  18. http://lifewithchrist.org/
  19. http://www.livejournal.com/
  20. http://modblog.com/
  21. http://www.motime.com/
  22. http://spaces.msn.com/
  23. http://myblog.com/
  24. http://multiply.com/
  25. http://www.myspace.com/
  26. http://www.tabulas.com/
  27. http://tblog.com/
  28. http://www.weblogpage.com/home.php
  29. http://wordpress.com/
  30. http://www.xanga.com/
  31. http://www.blogspirit.com/en/index.php
  32. http://360.yahoo.com/
  33. http://blogneo.com/
  34. http://blog.boleh.com/
  35. http://flexiland.telkomflexi.com/blog/
  36. http://blog.indosiar.com/
  37. http://www.ngeblog.web.id/
  38. http://blog.m3-access.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar